Tips Mudah Menjadi Orang Baik

Sebenarnya aku ingin jadi orang baik, tapi kok susah ya?

Tips mudah menjadi orang baikHayooo…, sapa yang punya pertanyaan ini? Ada di antara mas mbro en mbak sista kah? Atau cuma aku sendiri yang sejak tadi ngacung setinggi-tingginya. Hihihi… maaf untuk yang parkir di kanan kiri, aku lupa ga pake deodorant, juga belum sempet mandi tiga hari (lebay mode).

Tips mudah pertama menjadi orang baik adalah bercermin

Yup. Bercerminlah. Bagi mbak sista yang ‘mungkin’ sudah terbiasa memagut diri di depan cermin, coba deh, dimodif sedikit kebiasaannya. Bukan hanya memantaskan penampilan diri hingga maxi tapi juga untuk berbicara dengan diri sendiri.

Luangkan sedikit waktu untuk berdialog dengan diri sendiri saat bercermin. Tanya pada diri sendiri, perlakuan apa yang tidak ingin kamu terima dari orang dan perlakukan seperti apa yang ingin kamu terima dari orang lain. Monggo, silahkan dikembangkan dengan berandai-andai beberapa case. Wujudkan dengan perbuatan nyata kepada orang lain.

Tips mudah kedua menjadi orang baik adalah berlaku bijak

Berlakulah bijak mas bro en mbak sista. Tidak terburu nafsu sepertinya syarat utama menjadi bijak. Diam saat tidak tahu dan buka mulut bila yakin dengan pengertian kita akan sesuatu. Ke depankan perasaan orang akan sangat membantu. Pengamatan, penetapan situasi dan kondisi serta timing menjadi tolok ukur krusial. Terus lakukan pengembangan diri dan tingkatkan pemahaman hidup.

Be a wise mas bro en mbak sista, kalo tidak yang ada malah Wis wis… kelar idup lo. Pletaxxx!!!

Tips mudah ketiga menjadi orang baik adalah berkata santun

Jangan pernah lupa mas bro en mbak sista, “Mulutmu Harimaumu”. Jaga baik-baik ya lidah kita. Kalo kekinian ya jaga baik-baik jemari kita. Jangan sampai mengetikkan kata-kata sampah. Jangan asal klik shared tanpa cek dan ricek dulu. Andai itu fitnah bagaimana coba?

Sebaik apapun muatan yang kita katakan, kalo caranya kasar dan tidak tepat, maka akan percuma. Bukan saja tidak akan ada manfaatnya, jidat jadi benjol bukan sesuatu yang mustahil.

Bukankah lidah itu bagai sebilah pedang yang mampu menusuk hati dan merobek jiwa? Luka di kulit tak terlalu sulit disembuhkan, namun luka hati? Butuh waktu yang bisa jadi selamanya. Belum lagi kalo jatuhnya “You’re forgiven but not forgotten”?!!!

Modal dasar untuk menjadi orang baik adalah beriman kepada Tuhan Seru Sekalian Alam

Dan modal dasar untuk menjadi orang baik adalah beriman kepada Tuhan Seru Sekalian Alam. Ketika kita telah menyatakan keimanan kita, syarat dan ketentuan otomatis berlakuk mengikat mas bro en mbak sista. Bukankah melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya menjadi satu-satunya jalan hidup bagi seorang hamba yang sholih?

Prast

Iklan

Jejaknya sebelah sini ya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s